GROSIRAMAZONPLUS.COM | Situs Kesehatan Terbesar di Indonesia
Hotline: 0813-1588-7955
Hotline Pemesanan : 0813-1588-7955 / 0856-9575-7348 | COD JABODETABEK | Jam Kerja : 06.00 – 22.00 WIB

11 Makanan Penurun Darah Tinggi

makanan penurun darah tinggiMengapa makanan penurun darah tinggi penting untuk Anda masukan kedalam menu makanan Anda sehari-hari? Hal ini berkaitan dengan faktor pola makan sehari-hari yang berpengaruh terhadap tekanan darah tinggi seseorang. Tekanan darah tinggi atau Hipertensi merupakan penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain jika tidak segera diatasi. Hipertensi merupakan faktor utama penyebab berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung, stroke, ateroklerosis,dll.
Baca juga: bahaya darah tinggi pada kehamilan

Berikut ini adalah 11 makanan penurun darah tinggi yang dapat Anda masukan kedalam menu makanan Anda.

  1. Sayuran hijau, seperti bayam dan ketumbar yang merupakan sumber kalium sehingga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu bayam termasuk sayuran rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung nutrisi sehat seperti potasium, folat, dan magnesium sebagai bahan utama untuk menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah. Selain bayam dan ketumbar, daun seledri juga dapat menjadi alternatif yang baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
  2. Susu skim adalah susu bebas lemak yang kaya akan kalsium serta vitamin D. Kalsium dan vitamin D juga memiliki peranan dalam menjaga tekanan darah agar selalu dalam ambang normal.
  3. Tomat harus dimasukan ke dalam menu makanan penurun darah tinggi Anda karena kaya akan kalsium, magnesium, vitamin C, vitamin D, vitamin E.
  4. Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu atau pelengkap agar masakan menjadi gurih dan harum. Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa satu siung bawang putih dapat memberikan keajaiban yakni untuk mencegah pembekuan darah dan penebalan pembuluh darah, serta dapat menghilangkan penyumbatan pada jantung. Jadi jangan ragu-ragu tambahkan bawang putih dalam setiap masakan Anda.
  5. Gandum, Anda dapat mengganti nasi dengan gandum untuk sarapan di pagi hari. Gandum merupakan sahabat bagi para penderita darah tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin, gandum merupakan makanan penurun darah tinggi yang sangat efektif.
  6. Biji bunga matahari merupakan sumber besar magnesium. Ini merupakan cemilan super untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.
  7. Minyak Zaitun, mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah Anda. Saat ini telah ditemukan senyawa zaitun hydroxytyrosol yang berasal dari air perasan buah zaitun saat diolah menjadi minyak zaitun. Zaitun hydroxytyrosol ini ternyata merupakan senyawa superantioksidan paling baik untuk menjaga kesehatan jantung.
  8. Kentang putih kaya akan magnesium dan potasium, dua nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Ketika kalium rendah, tubuh mempertahankan natrium tambahan (dan terlalu banyak sodium meningkatkan tekanan darah). Di sisi lain, ketika Anda makan diet kaya kalium, tubuh menjadi lebih efisien dalam menyingkirkan kelebihan natrium. Seperti kalium, magnesium juga merupakan kunci dalam mempromosikan aliran darah yang sehat. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan yang sehat dari kedua mineral dapat membantu menjaga tekanan darah tinggi terus berada di ambang normal.
  9. Pisang, buah fungsional ini merupakan sumber kalium, jadi juga termasuk pilihan yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa Anda masukan dalam daftar cemilan sehat sehari-hari.
  10. Kedelai adalah sumber lain yang sangat baik dari kalium dan magnesium. Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi produk susu olahan dari kedelai atau mengkonsumsi kedelai yang dimasak. Karena keduanya sangat baik untuk menurunkan darah tinggi.
  11. Buah-buahan segar seperti alpukat, tomat, zaitun dan mengkudu, menjadi menu terakhir dalam daftar makanan penurun darah tinggi kali ini. Buah-buahan segar mengandung banyak sekali nutrisi, baik vitamin dan mineral untuk melawan tekanan darah tinggi.

Selain dengan menu makanan penurun darah tinggi di atas, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan cairan tubuh, yakni dengan minum air putih yang cukup minimal 8 gelas sehari. Semoga dengan menerapkan diet sehat di atas, Anda dapat terbebas dari penyakit darah tinggi dan penyakit komplikasi lainnya.

referensi : www.joybauer.com

154 Comments
  1. Terima kasih info nya sangat bermanfaat…

  2. Terima kasih infonya. Bravo

  3. kn ku cba

  4. Trmksh atas infox,skrg sy mau coba lgsg pada aji saya,smga sja bermanfaat

  5. makasih banyak info nya ya…
    sangat bermanfaat…

  6. Mksih… nnty aku coba dulu

  7. Terimakasih

  8. Trima ksh…:-)
    smga bermanfaat buat ayah saya…. Amin…..

  9. Thanks infonya. Disni sy ambil buah mengkudu utk penurun darah tinggi. Alhasil… Trnyata tensi darah tinggi sy sdh normal.

  10. Makasih bnyk untuk infonya kebetulan sekali hari ini saya cek tensi diangka 150 mg luar biasa kaget nya..makanya sgt bermanfaat sekali untuk info ini…

  11. Makasih info nya yaa:)

  12. Ini info sangat berguna
    bos. Mksi

  13. Mksi bos
    ini info yg sangat berguna
    bagi orang banyak

  14. semoga cepet sembuh..

  15. Makash ya info ny sya akn mncobany ,,,

  16. . Minyak zaitu dpt mncegah drah tinggi kga. Sobat

  17. Sangan berguna y gan semoga dapat wawasan yang bermanfaat ….amin…

  18. Bismillah soalnya nenek kena hipertensi nih

  19. Alhamdulillah..,matur nuwon mudah2an banyak manfaat bagi penderita hipertensi(solusi)&lebih2 buat menambah wawasan kami pribadi.

  20. saya coba hari ini

  21. TQ akn sy coba terapkan.smg brmnfaat bgi byk org.Amiin

  22. Mksih ya mudahan ayah ku cepat sembuh

  23. Saya akan coba agar suami daya sembuh dari darah tinggi

  24. Alhamdillah ,atas infonya,soalnya saya potensi hyprtensi insaallohangsung q coba,trutama bawang putih

  25. Mksh ats info’a ,,

    mudhan2 penyakit yg ada d keluarga sYa bsa d smbuhkn.

  26. Terima kasih atas srannya,sya akan langsug nyuruh ibu saya cobain

  27. Makasih bnyak bngt atas info’y
    Saya lngsung coba…?

  28. Terima kasih ya atas.
    Infonya

  29. makassih infony

  30. Makasih infonya semoga bermanfaat bagi saya

  31. makasih bgt buat infonya sangat bermanfaat

  32. Hatur nuhun pisan.

  33. Makasih atas infox,semoga bermanfaat bagi saya dan mama yg terkena hipertensi

  34. Iya nih makasih infonya…;-)

  35. ilumu yang berguna ..terima kasih kerna share

  36. Aku umur 18th bru kmaren check tensi 140 drh ku. Yalloh anguzubilah kaget campur aduk. Smoga dngn ada ny tips ini penyakit smua hilang

  37. Bosen minum amlodhine ples diovan terus, tek coba nih moga berhasil

  38. Terimakasih infonya

  39. T’kasih infonya

  40. Mkshh akan q coba…. q

  41. mudah-mudahan bapak ku cepet sembuh ya allah. amin

  42. Terima kasihh info nya bagus

  43. Mksh atas ilmu dan infonya

  44. Alhamdulilah semoga bermanfaat

  45. semoga bermanfaat untuk semuanya…:)

  46. Makasih atas infonya semoga bermanfaat.

  47. Terima kasih info nya semoga bermanfaat buat istri saya

  48. trims atas infonya akan sy coba …

  49. Goooddd….

  50. Trima ksih info’a smoga istri sya lekas sembuh

  51. thanks infonya

  52. OK,,,SIP

  53. Tanks it’s a big for my mother

  54. Terima kasih atas info’y. Nanti mau sy coba mudah”an darah tinggi sy bisa turun:

  55. Trimaksih buat infox

  56. Terimakasih sungguh bermanfaat bagi keluarga saya…

  57. trimaksih baya info a, semoga ibuk sya cept sembuh..

  58. satu lagi yg berhasil saya gunakan utk mengontrol tensi ayah saya , ganti garam dapur biasa dgn garam diet yg low sodium

  59. thx semoga cepat sembu

  60. Thanks atas infonya, akan saya coba

  61. Banyak lagi petua yg insyaallah sy boleh kongsikan…

  62. Trima ksh infonya

  63. Thanks

  64. Trima kzih ats infonya..smoga khaziat ni brmanfaat untk ibu.

  65. Mksih atas info’y..

    Alhmdulilah..darah ku dah normal kmbali..?

  66. makasih info nya

  67. Mksi bxk ya…

  68. Terima kasih infonya.

  69. Trimaksih atas info’a,,,
    Smoga ini brmanfaat bgi ayah saya 🙂

  70. Trimksh, smoga teman saya Agus bisa cpt smbh

  71. Mkasih ats infony

  72. Terimakasih ataAas pemberitahuan nyaaaa..moga allah membalasmu dgn berlipat gandaaaaa,,,,,,,,,,!

  73. Terima kasih ats info ni , sye brharap info ini dpt mmbntu ibu sye…

  74. Terima kasih infonya insyaallah mamah saya akan sembuh dan teman teman yang lain.

  75. makasih informasinya

  76. makasih infox,tntang mkanan penurun darah tinggi.

  77. ThAnks atas info nya..

  78. makasi sm0ga my m0m ga kambuh lag! sakit ea,
    smoga smua orang yang darting sembuhh amiiinnnn

  79. Trima ksh atas info ini sangat bermanfaat untuk kmi semua…

  80. Betul yg anda bagitau…moga allah memberi seribu kebaikan utk anda yg sudi berkongsi info.

  81. Artikel ini sangat membantu kami

  82. Terimakasih banyak atas informasinya 🙂

  83. Terimakasih atas informasinya sungguh sangat bermanfaat ?

  84. smg bermanfaat untuk saudara-saudara kita

  85. Mudah2ahan tips nya bs bantu sy nurunin hipertensi sy

  86. Alhmd bngd wt info’a so pst mnfa’t

  87. .syukran 😎

  88. terimakasih atas imponya

  89. Terima kasih atas info yng di berikan

  90. Tq om buk

  91. Terima kasih ea info xa 🙂

  92. Terima kasih atas info nya

  93. Thank’s smoga dibalas Allah Yang Maha Kuasa,

  94. trim..sangat membantu

  95. Wah manjur banget ,makacih infonya mudah2an allah membalas kebaikan ente

  96. duh.haturnuhun pisaman.piweujangna.

  97. Mksh semoga bisa bermanfaat bagi ibu saya

  98. Thank’s , bagus banget penjelasanx

  99. Trims atas infonya

  100. Maturnuwun nggihhhhhh….

  101. Pas bngt info n solusix ..

  102. Semangka kuning itu bisa nurunin darah tinggi

  103. makasiih infonya .. tapi Kalo konsumsi Kopi apa itu bisa naikan tekanan darah ??

  104. Bagus banget.. ok

  105. terimakasih informasinya

  106. makasihh yakk

  107. Thx…smoga cocok buat my mother….amin

  108. Alhamdulillah sangat bagus artikel ini utk menjaga keshtn tbh agar trhindar dr penyakit tekanan drh tinggi,tksh smoga brmanfaat,aamiin

  109. Thanks

  110. Inginya bagus utk penderita hipertensi spt saya.krn hopsrtensi kepala sebelah saya jadi nyeri.dan pelipis juga nyeri.apakah itu krn fakyor hipertensi?apakah teman2 pernah merasakan apa yg saya rasa….

  111. Thankz. Atas ibfonya mudah2 n bisa bermnfaat

  112. Thq bgt info nya

  113. Suwuuuuuun…

  114. Thank tip x…

  115. makasi

  116. Makasih ya info.a … Saya merasa sangat terbantu.

  117. Trima kasih infonya pa
    sangat bermanfaat,apalagi saat ini ibu saya sedang sakit????

  118. Informasi ini sangat bermanfaat bg saya karna saya penyakit darah tinggi yg sdh menahun

  119. Informasinya sungguh bermanfaat

  120. Sangat bermanfaat… Mksh…

  121. Trima ksih..ayah saya akhir2 ini tkanan darah nya kmbali naik..pdhal dia sudah pernah trkena stroke satu x,artikel ini sangat bermanfaat

  122. Bagus sekali Artikelnya . . sangat membantu
    tapi . . sayang
    TDK bisa di share . .

    • bisa di share kok, coba lihat kota biru di bagian bawah artikel ini.

  123. Mksh bngt infony mdh”an bz brmnfaat bgi ibu sy

  124. Mksih atas info ya• Tapi Bapak aku darah y slalu tinggi trs•pdhl makanan y udh d jaaga mna yank boleh mna yg ga ya• Aku tkt skli trjdi ama bapak aku

  125. Thanks ats info’a mdh2n berguna utk suami sy,,,,,,

  126. Terima kasih atas infonya sekarang saya tau tentang tekanan darah tinggi

  127. mkasih atas info’a,. 😀

  128. Sangat bermanfaat, trimakaih infonya…

  129. makasih banyak atas informasinya..m
    udah2an bermanfaat untuk kita semua terutama saya pribadi

  130. makash min infonnya bermanfaat bgt ::)

  131. Terimakasih info”y…..bermanfaat bnget….. Trmksh

  132. thankz

  133. Thanks infonya..

  134. terima kasih atas infonya…
    kalau teh pahit bisa menurunkan ngga??

  135. Terimakasih infonya 🙂
    Sangat bermanfaat

  136. Thanks yach buat infony. Mdh”an stlh mncba ini tkann darahny cpt turun n normal kmbli…

  137. Makasih infonya …semoga bermanfaat bagi kami …kebetulan saya baru mengalami tensi tinggi…semoga kami bs melakukan tips tersebut dan lekas diberikan kesembuhan .amin …

  138. Terima kasih infonya ya…saya sangat terbantu skali..

  139. wah..ini cocok banget buat ibu saya yang menderita darah tinggi..tapi gk terlalu parah sihh…terima kasih ya informasinya…

  140. Terimakasih

  141. Informasi yg sngat brmanfaat. .TERIMA KASIH.

  142. Terimakasih

  143. Terima ksh, akan sya coba untuk ibu saya

  144. MAKACH, Sangat bermanfaat

  145. terima kasih infonya

  146. Makasih, sangat bermanfaat.

  147. makasi buat infonya

  148. Sangat membantu bgt info,’y…langsung terbukti

  149. terima kasih atas infonya.

Leave a Reply

Simple Share Buttons